Saturday, December 1, 2012

Derwent Graphic Pencil

Hai semua, saya akan mereview Derwent Graphic Pencil. Derwent memproduksi alat-alat menggambar sejak tahun 1832 di Cumbria, Inggris. Mari kita melihat seperti apa pensil ini, apa kelebihan dan kekurangannya.


Penampilan :
     Warna cat hitam, tidak terdapat banyak huruf pada pensil, secara keseluruhan huruf yang ada pada pensil tercetak dengan rapi, namun ditemui beberapa cetakan yang kurang rapi, badan pensil hanya dicat 1-2 kali, sehingga tekstur kayu masih nampak, grafit pensil terletak persis di tengah, dan berat pensil lebih ringan dibanding pensil Faber - Castell Indonesia.

Spesifikasi : 
a. Nama Produk : Derwent Graphic Pencil
b. Dibuat di : Inggris
c. Jenis Kayu : Incense Cedar
d. Ketebalan grafit : 2B
e. Harga : max. $1.5
f. Panjang : 180mm
g. Lebar : 7mm

Kegunaan utama : Menggambar

Review :
     Dalam review ini saya akan mencoba untuk memberikan penilaian secara objektif. Kesan pertama saya terhadap Derwent Graphic Pencil ini bobotnya ringan dan tidak licin permukaan pensilnya. Saya akan membandingkan Derwent Graphic Pencil dengan Faber - Castell Indonesia, yang menurut saya adalah pensil terbaik yang ada di Indonesia.


     Tes pertama adalah tes kemudahan menyem-bur. Saya menghitamkan beberapa bagian kertas dengan pensil Derwent dan beberapa bagian dengan pensil Faber Castell. Terlihat jelas bahwa grafit pada Derwent tidak terlalu tebal dibanding pensil Faber - Castell. Setelah itu saya mencoba menyemburkan goresan yang ada di kertas ke berbagai arah, sehingga terlihat gambar di samping.

     Terlihat sekali bahwa pensil Derwent lebih mudah menyembur dibanding pensil Faber - Castell. Kemampuan menyembur yang baik akan memudahkan para pelukis untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik, sedangkan kemampuan menyembur yang kurang baik cocok untuk menulis dan kegiatan sehari - hari.


     Tes kedua yang saya lakukan adalah tes kelembutan grafit. Pensil Derwent grafitnya sangat lembut sehingga harus berhati-hati agar tidak jatuh. Grafit pada pensil Derwent akan patah jika mendapatkan tekanan yang cukup kuat, saya telah mencobanya dan grafitnya memang mudah patah. Sebaliknya dengan pensil Faber - Castell, pensil ini memiliki grafit yang kuat, sehingga tidak mudah patah. 


     Namun, jika pensil memiliki grafit yang kuat, maka beresiko merusak kertas, karena kandungan clay pada grafit terlalu banyak (perbandingan yang tidak seimbang). Perbandingan antara grafit dan clay yang tidak seimbang memang mampu menekan harga per batang pensilnya, tetapi pensil semacam ini beresiko merusak kertas dan kurang dapat melekat pada kertas untuk jangka waktu yang lama, sehingga pensil ini tidak disarankan bagi para pelukis.

     Metode pada tes kedua ini adalah membuat garis di belakang kertas dengan cara menekan pensil sekeras mungkin. Ketika kertasnya dibalik, maka kelihatan bahwa goresan pensil Faber - Castell sangat tajam sehingga hampir menembus kertas 70gsm. Sebaliknya dengan pensil Derwent, hampir tidak kelihatan sama sekali. Ketika saya berusaha untuk menekan sekeras mungkin pensil Derwent, grafitnya patah.

     Setelah melihat 2 tes ini maka dapat saya simpulkan bahwa pensil Derwent memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

Kelebihan :

  1. Tekstur kayu yang masih nampak membuat "grip" pada pensil menjadi kuat, sehingga tidak licin.
  2. Letak grafit pensil yang persis di tengah membuat meraut menjadi mudah dan tidak mudah patah ketika diraut
  3. Berat pensil sangat ringan
  4. Garis yang dihasilkan lembut, sehingga tidak merusak kertas
  5. Grafit lebih mudah untuk disembur
  6. Cat pada pensil tidak mudah luntur

Kekurangan :

  1. Grafit pensil terlalu mengkilap jika terkena cahaya
  2. Grafit pensil mudah patah
Kesimpulan akhir :

     Pensil ini sangat bagus untuk para pelukis, dan memiliki kualitas yang sepadan dengan harga yang diberikan. Pensil ini sangat direkomendasikan bagi para pelukis yang menggunakan media grafit. Namun faktor mudah patah pada pensil ini membuatnya tidak cocok untuk dipakai untuk menulis dan keperluan sehari - hari. Untuk pensil ini saya memberikan nilai 4.5/5.

Saya mendapatkan pensil ini dengan membeli di Art Friend Singapore. Jika anda berminat dapat membelinya disana. Perlu diperhatikan bahwa saya tidak beraffiliasi apapun dengan pihak Art Friend Singapore. Terima kasih.



1 comment: